Tips Memilih Batik Anak Muda

Tahu batik kan genk ? Malu donk, kalau kamu sampai nggak tahu apa itu batik terutama jika kamu orang Indonesia. Yaps, batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang eksistensi-nya sudah diakui dunia Internasional. Bahkan batik juga telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity sejak 2 Oktober 2009 silam, yang sekaligus membuat kita sebagai warga negara Indonesia ikut bangga.

Kalau disuruh menyebutkan pakaian khas Indonesia, yang terlintas pertama kali di pikiranmu pasti kain batik. Kain yang memiliki banyak motif dari seluruh Indonesia ini memang sudah terkenal banget keindahannya. Sebagai salah satu kain kebanggan Indonesia, batik sudah banyak dikreasikan ke dalam berbagai macam model pakaian. Mulai dari kemeja, blus, hingga gaun mewah.

Tapi sayangnya, batik seringkali dianggap sebagai pakaian yang membuat penampilan terlihat lebih tua. Padahal, nggak begitu, kok. Dengan tips berikut, kamu bisa tetap terlihat muda, modis, dan elegan di saat yang bersamaan. Dan percayalah, tips ini berpeluang sekali untuk memperluas penggunaan baju batik, supaya kamu nggak menyesal dalam Memilih Batik Anak Muda. Berikut tipsnya:

  1. Pastikan Ukurannya Pas Dan Nyaman

Ini yang kudu diurutkan di point pertama. Dan memang benar, pada kenyataannya ukuran baju yang pas adalah sesuatu yang wajib kamu perhatikan. Apalagi untuk memilih batik baik model maupun motifnya. Soalnya baju batik sensitif, kalau kegedean nggak bagus, kalau kekecilan juga nggak bagus. Maka dari itu, kamu kudu cari model baju batik yang pas dengan tubuh kamu.

Kamu juga perlu memperhatikan panjang dan pendeknya baju batik yang akan kamu gunakan, secara kan genk penggunaan baju batik khususnya pada laki – laki umumnya adalah dikeluarkan, tidak dimasukkan ke dalam celana. Oleh karena itu, berilah perhatian lebih saat fitting baju batik kamu genk.

Tapi kalau kamu nggak nemu model baju batik yang pas, maka kamu bisa bikin sendiri di tukang jahit. Kan sekarang gampang banget tuh cari kain batik yang motifnya beragam dan penuh makna. Kalau mau tau lebih lengkapnya mengenai motif batik, kamu bisa baca dan memilih kain batik yang penuh makna disini.

  1. Pilih Bahan Yang Enak Dipakai

Kalau ukuran udah sesuai, kamu tinggal menentukan bahan batiknya genk. Sebelum membeli, kamu kudu pastikan baju batiknya untuk keperluan apa dulu. Untuk busana sehari-hari kah? Atau untuk keperluan resmi kayak menghadiri pesta atau menghadiri nikahan (mantan) kah? Ya barangkali aja. Kan baju batik senantiasa hinggap di berbagai acara yang ada di Indonesia, salah satunya acara yang terakhir tadi tuh. Uhuk!

Kamu harus pintar – pintar memilih bahan batik sesuai dengan kegiatan kamu, jika kamu adalah anak muda yang aktif dan banyak melakukan kegiatan diluar ruangan/outdoor sebaiknya kamu memilih baju batik berbahan katun.

Lhoh kenapa harus katun ?

jadi gini genk, bahan katun itu punya banyak keunggulan jika dibandingkan dengan bahan – bahan pakaian lainya. Karena selain lembab dan mampu menyerap keringat dari tubuh kamu, bahan katun juga lembut, nyaman dan bisa menghindarkan iritasi kulit, plus non alergi lagi. Jadi kamu bisa bebas beraktivitas tanpa harus kawatir terkena alergi kulit, terutama kalau kulit kamu emang sensitif.

Tapi beda lagi jika kamu ingin menggunakan baju batik untuk acara formal, kamu bisa menggunakan baju batik yang berbahan sutra, karena acara formal nggak begitu banyak melakukan pergerakan tubuh seperti hari-hari biasanya.

  1. Pilih Batik Warna Cerah

Setuju nggak kalau warna cerah ataupun warna pastel bikin kamu terlihat segar dan ceria? Nah, itu dia yang harus kamu manfaatkan buat bikin penampilanmu stay young and fresh dengan batik.

Kalau kamu nggak nyaman dengan warna-warna cerah yang terang, kamu bisa lho memilih warna pastel seperti krem atau orange yang soft. Eits, ini nggak cuma berlaku buat cewek-cewek aja. Warna biru yang lembut juga cocok untuk para cowok, lho.

Selain itu genk, batik yang memiliki warna lebih cerah juga akan cocok jika dipakai dalam banyak situasi, seperti nongkrong bareng temen, ngedate sama pacar maupun untuk menghadiri acara yang bersifat semi formal. Ada baiknya juga kamu memperhatikan warna dasar atau background batiknya. Karena dari warna dasar inilah kamu bisa menentukan mana batik yang cocok untuk di padu padankan dengan pakaian lainya maupun warna kulitmu.

  1. Pilih Batik Dengan Satu Warna

Pembuatan batik bisa menghabiskan waktu yang super lama. Soalnya, pembuat batik butuh waktu untuk menggambar motif. Nah, biar motif batik terlihat makin keren, pilih batik modern yang warnanya nggak lebih dari dua.

Terlalu banyak warna yang membingkai motif batik bakal bikin kamu terlihat kusam dan norak. Kalau kamu masih mau pakai batik dengan banyak warna, pastikan warna-warna tersebut punya tone yang sama biar tetap terlihat mewah, ya.

Warna monokrom memang tak lekang oleh zaman, jadi wajar saja jika masih digemari sampai sekarang. Tak hanya hitam dan putih saja, pada dasarnya monokrom merupakan perpaduan warna yang simpel dan netral. Perpaduan warna monokrom biasanya akan memberi pilihan gaya yang simpel, clean dan minimalis.

  1. Pilih Model Yang Gak Pasaran

Seperti yang kita ketahui, kalau pada awalnya batik hanya dibuat menjadi kemeja standar yang biasanya dipakai untuk acara resmi saja. Tapi seiring perkembangan jaman dan fashion di Indonesia, fungsi dan model dari batik sendiri juga mengalami banyak perubahan. Di era sekarang ini misalnya, sudah mulai banyak batik yang dibuat lebih unik dan menarik.

Untuk para cewek, blus batik yang dijual rata-rata bermodel sedikit tua. Sebagai alternatif, gunakan blazer atau kardigan batik di aktivitas harianmu. Model kedua jenis pakaian ini dalam kain batik sudah cukup modern dan warnanya pun cerah, seperti hijau pastel, pink, dan biru pastel. Pastinya akan membuatmu terlihat modis, ‘kan?

Batik seringkali dijadikan pilihan pakaian oleh orang tua kita untuk dipakai ke acara-acara formal; resepsi pernikahan misalnya. Kita yang masih muda biasanya masih sering bingung ingin mengenakan apa. Hei, mengapa nggak mencoba batik juga saja?

Untuk para cewek, coba saja pakai mini dress. Pilih yang memiliki model A-line atau princess dengan bahan yang halus, supaya jatuh dengan bagus di tubuhmu. Model A-line dan princess ini memiliki detail yang sedikit melebar di bagian bawahnya sehingga memberikan kesan feminin yang manis. Cocok untuk kita yang masih muda ini.

Kalau cewek mengenakan batik dengan model mini dress untuk acara formal, kalian para cowok bisa menjadikan kemeja batik lengan panjang sebagai pilihan. Pilih kemeja batik yang bermotif flora, seperti bunga dan dedaunan, atau fauna, seperti burung cendrawasih, untuk mendapatkan kesan penampilan yang lebih muda dan modern.

Untuk model baju batik couple, sebaiknya kamu hindari pemilihan warna yang mencolok. Pilih yang sesuai dengan warna kulit kamu dan pasanganmu aja. Makanya kalau bisa sih minta dibikin di tukang jahit, pasti kamu bakal puas dengan batik dan tambah cinta kepada pasanganmu. Keuntungan memilih model baju batik couple yang jarang atau nggak pasaran bisa bikin silaturahmi menjadi menyenangkan loh.

  1. Padukan Dengan Outfit Polos

Batik saat ini sudah bukan identik dengan pakaian yang resmi saja, lho. Batik juga bisa dipakai sehari-hari untuk kuliah dan bahkan hangout sama teman-teman, terutama untuk para cewek.

Carilah kaos polos dalam lemarimu yang berwarna netral, seperti putih, hitam, atau cokelat muda. Kemudian, padukan dengan rok batik. Ukurannya bebas; bisa selutut, bisa juga semata kaki. Tambahkan kalung sebagai aksesoris dan kenakan flat shoes supaya penampilanmu semakin cantik.

  1. Padukan Dengan Celana Warna Gelap

Buat kamu yang cowok, batik juga bisa kok dipakai dalam aktivitas sehari-hari. Nggak perlu takut akan terlihat terlalu resmi. Kamu pilih saja kemeja batik berwarna pastel yang memiliki lengan pendek. Padukan dengan celana model chino berwarna hitam untuk ke kantor atau celana jeans berwarna netral untuk ke kampus. Untuk sepatunya, pakai saja yang berjenis flat oxfords dan berbahan suede atau sneakers kanvas untuk gaya yang lebih kasual.

  1. Lengkapi Dengan Asesoris

Penampilanmu dengan mini dress itu juga bisa semakin cantik dengan menambahkan aksesoris yang tepat dan pastinya, menonjolkan keindahan kain batik yang kamu kenakan. Ikat pinggang kecil berbahan kulit bisa jadi pilihan yang tepat. Nggak hanya mempermanis dan mengindahkan, tetapi juga membuat pinggangmu terlihat lebih ramping.

Kamu juga bisa menambahkan kalung cantik dengan liontin bebatuan yang berwarna senada dengan dress-mu untuk tampilan yang lebih classy. Kamu bisa pakai outfit apapun yang kamu suka, lalu lilitkan scarf atau syal batik di pundakmu. Selain terlihat chic dan edgy, scarf batik bikin kamu terlihat makin modern dan sophisticated. Dijamin deh, penampilanmu bakal mencuri perhatian orang-orang di sekitarmu!

Sebagai anak muda Indonesia, sudah sewajarnya kan genk kalau kita ikut serta dalam melestarikan warisan budaya negeri kita sendiri. Dengan menggunakan batik misalnya, selain membuatmu terlihat keren dan Indonesia banget, secara tidak langsung kamu juga ikut serta dalam pelestarian kain bermotif khas Indonesia ini. Dengan modifikasi tampilan batik ini, kamu nggak akan ragu lagi deh melestarikan motif khas Indonesia ini.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *